5 Kebiasaan Baik di Saat Lingkungan Sedang Penuh Polusi Udara

Indonesia sedang mengalami gejala parah mengenai polusi udara, akibat kemarau panjang dan kebakaran hutan yang sedang terjadi di beberapa pulau di Indonesia, berikut ini ada 5 kebiasaan baik yang dapat anda lakukan ketika di lingkungan sekitar sedang berpolusi.

1. Hindari jalanan yang padat
Periksalah Maps atau Waze atau penunjuk peta digital lainnya untuk mengetahui tujuan anda sedang macet atau tidak, karena gas buang kendaraan yang di hasilkan di jalanan macet akan jauh lebih banyak dan akan membuat kamu terjebak di polusi udara.

2. Siap sedia dengan masker standar
Barang wajib yang di bawa adalah masker yang sesuai standar karena anda akan melewati dan sering beraktifitas di luar ruangan jika tanpa masker pastilah anda akan terpapar polusi lebih lama.

3. Rawat tanaman di rumah
Rumah yang anda tanam dengan tanaman akan membuat rumah lebih asri dan mengurangi dampak polusi udara di rumah anda. Tidak ada alasan tidak memiliki lahan untuk menanam karena sudah banyak media yang bisa di gunakan sebagai pengganti nya misal pot.

4. Pertahankan sirkulasi udara dan cahaya
Untuk menjaga rumah anda tetap bersih dan sehat pastikanlah sirkulasi udara nya benar dengan membuka jendela dan ventilasi udara agar udara selalu berganti dan angin pun keluar-masuk. Buka juga tirai agar sinar matahari dapat masuk ke rumah agar paparan sinar matahari dapat membunuh bakteri dan kuman.

5. Rajin mandi setelah aktivitas
Untuk membuat tubuh anda tetap bersih, segar dan sehat ketika lingkungan anda berpolusi adalah dengan mandi setelah melakukan aktivitas serta dapat membersihkan bekas debu, asap kendaraan bermotor dan asap rokok yang menempel di tubuh anda.

Itu tadi lima kebiasaan yang dapat anda terapkan ketika sedan terjadi polusi udara, semoga anda selalu sehat dan bisa mengatasi lingkungan yang berpolusi. Selamat mencoba.

Karja Hasim Mansur

Posted by Karja Hasim Mansur

Introvert. Passionate web enthusiast. Entrepreneur. Problem solver. Creator. General reader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *